MADRASAH ALIYAH FATWA ALIM PLUS KETERAMPILAN
TERWUJUDNYA LULUSAN MADRASAH
YANG KOMPETITIF, KREATIF, BERAKHLAKUL KARIMAH,
DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN
Order processing time 24h
Mewujudkan madrasah yang
unggul dan berprestasi
berlandaskan iman dan takwa
serta berkarakter islami
Fatwa Alim Bershalawat 2023
10/10/2023
Latihan Dasar Kepemimpinan Badan Eksekutif Siswa MA Fatwa Alim Tahun 2025
20/01/2025
Artikel

Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah dalam Membina dan Mengembangkan Profesionalisme Guru di MA Fatwa Alim Madiun

Oleh: Rizki Agus Khudori. Kepala sekolah sebagai supervisor mempunyai tanggung jawab untuk peningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran di sekolah serta mempunyai peranan yang sangat […]

Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah dalam Membina dan Mengembangkan Profesionalisme Guru di MA Fatwa Alim Madiun
Tim Humas
20/11/2024

Oleh: Rizki Agus Khudori.

Kepala sekolah sebagai supervisor mempunyai tanggung jawab untuk peningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran di sekolah serta mempunyai peranan yang sangat penting terhadap perkembangan dan kemajuan sekolah. Oleh karena itu ia harus melaksanakan supervisi secara baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi serta teknik dan pendekatan yang tepat. Dalam hal ini MA Fatwa Alim Madiun melaksanakan program pelaksanaan supervise kepala madrasah dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guruguru dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga diharapkan dapat memenuhi misi pengajaran yang diembannya atau misi pendidikan nasional dala lingkup yang lebih luas.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan supervisi kepala Madrasah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru di MA Fatwa Alim Madiun; (2) dampak pelaksanaan supervisi kepala Madrasah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru di MA Fatwa Alim Madiun.

Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Pengambilan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya ini menggunakan langkah-langkah Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah ini dilaksanakan dengan beberapa tahap. Pertama adalah perencanaan supervise yang dilakukan oleh kepala madrasah. Kemudian pelaksanaan supervise meliputi : kunjungan kelas, membimbing guru tentang cara mempelajari pribadi siswa dan atau mengatasi problema yang dialami siswa, membimbing guru dalam hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan kurikulum, mengadakan pertemuat atau rapat, diskusi kelompok, dan mengadakan penataran-penataran, lalu yang terakhir dilaksanakan evaluasi bersama. (2) Dampak positif pelaksanaan supervise kepala madrasah yaitu dengan adanya supervisi kepala madrasah memberikan dampak yang baik bagi para guru serta tenaga pendidik MA Fatwa alim madiun. Selain meningkatkan profesionalisme guru, pelaksanaan supervisi ini juga memberikan dampak dalam meningkatkan kedisiplinan guru dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian program tersebut sangat membantu para guru serta tenaga pendidik dalam meningkatkan kualitas kerjanya.